post-image

Harga Listrik Per Kwh, Tarif dan Rumus Perhitungannya

Blog

Sebagai pelanggan setia PLN layaknya harus mengetahui rincian harga listrik per kwh yang sudah ada ketetapannya. Sehingga sebagai pelanggan tidak perlu ragu lagi untuk membayar dengan jumlah yang sudah tertera setiap bulannya. Selain itu, dengan mengetahui harga tersebut, pelanggan bisa mengantisipasi barangkali ada kesalahan dalam nominal yang seharusnya dibayarkan sesuai dengan patokan tersebut.

Hal-hal yang perlu diketahui terkait harga listrik per Kwh

  1. Daftar tarif dasar listrik terbaru 2020

Tentu saja harga ini sudah ditetapkan agar tidak menimbulkan tanda tanya oleh para pengguna jasanya. Hal ini juga sangat berguna untuk pencocokan saat cek tagihan listrik dengan penggunaannya. Penetapan harga ini tidak main-main dan menggunakan dasar landasan yang kuat. Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 31 Tahun 2014 dan No. 9 Tahun 2015.

Untuk saat ini pelanggan listrik rumah tangga dengan daya listrik tertentu gambaran singkat besaran tarifnya sebagai berikut:

  • Tegangan listrik 1.300 VA tarifnya sebesar Rp 1.467 per kWh
  • Tegangan listrik 900 VA non subsidi (R1M) sebesar Rp 1.352 per kWh. Namun, bagi pelanggan daya 900 VA subsidi tarifnya diberi diskon sebesar 50% sampai dengan Juni 2020.
  • Tegangan listrik rendah tarifnya sebesar Rp 1.467 per kWh.
  • Tegangan listrik golongan rumah tangga 900 VA tarifnya sebesar Rp 1.352 per kWh.
  • Tegangan listrik tegangan menengah tarifnya sebesar Rp 1.115 per kWh.
  • Tegangan listrik golongan tinggi sebesar Rp 997 per kWh.
  1. Rumus menghitung pemakaian listrik sehari-hari

Dalam menentukan jumlah pemakaian listrik sehari-harinya tentu saja memiliki pakem rumus yang jelas agar jumlahnya tidak mengalami selisih dan adil untuk semua golongannya. Hal ini erat hubungannya dengan adanya daftar harga listrik per kwh yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Rumus yang bisa digunakan untuk orang awam atau masyarakat secara umum cukuplah mudah, bahkan tidak membutuhkan perhitungan yang memusingkan. Yang perlu dilakukan adalah mengalikan golongan tarif kwh sesuai milik Anda dengan besarnya daftar tarif listriknya. Dengan begitu akan terlihat jelas berapa banyak daya yang bisa dihabiskan dalam rumahmu.

  1. Tagihan listrik tiap bulan = besaran daya yang dipakai x tarif listrik
READ  Jenis Tagihan Listrik PLN, Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk hal ini yang perlu dilakukan oleh pengguna listrik adalah mendaftar beberapa barang elektronik yang digunakan lengkap dengan besaran watt yang digunakan dan juga sering tidaknya pemakaian barangnya. Dengan begitu pengguna bisa pengguna bisa mengira-ngira sendiri berapa kisaran tagihan yang akan dibayar untuk setiap bulannya.

Kisaran yang akan dikeluarkan tiap bulan bisa saja semakin banyak atau semakin murah tergantung seberapa sering penggunaan barang elektronik yang membutuhkan listrik tercolok setiap harinya. Ketika pemakaiannya berkurang maka bisa jadi tarifnya akan menurun. Untuk itu penggunaan barang elektronik ini harus benar-benar diperhatikan dalam jangka penggunaannya.

  1. Cara bayar listrik online

Jika tidak ingin terlambat membayar listrik apalagi di masa pandemi Covid-19 ini dimana banyak orang yang memilih stay at home, Anda bisa melakukannya secara online. Caranya melalui situs resmi seperti hotelmurah.com.

Situs ini menyediakan cara cepat dan mudah membayar tagihan listrik baik Pascabayar maupun Prabayar. Cukup dengan memasukkan No ID PLN dan nomer HP Anda untuk melihat besar tagihan listrik per bulannya. Jika sudah Anda bisa melanjutkan dengan melakukan pembayaran.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait harga listrik per Kwh. Tentu saja hal ini akan memudahkan orang-orang untuk mengontrol biaya pemakaian listrik sesuai kebutuhannya.

Tags:
, ,